Minggu, 26 Juli 2009

[jualan] Fakta mengejutkan tentang email promotion

 

Contoh kasus
Suatu hari, teman kami Kang Asep, seorang pedagang pakaian, datang berkunjung. Ia mengeluh pesanan barang sepi, padahal sudah beriklan banyak di internet, termasuk di beberapa situs iklanbaris terkemuka di Indonesia.
Kami menyarankan agar mengirimkan penawaran langsung ke calon customer via email. Iapun kami sarankan agar menyortir daftar yang berisi ribuan email yang bisa di-download di http://www.surau.net (SurauNet) sebagai 'pemanasan' awal.
Daftar email itu sendiri sudah pernah kami pakai untuk membantu promosi SurauNet pada 2008-2009. Karena digunakan untuk SurauNet, maka kami diamkan di situ sebagai salah satu fasilitas gratis bagi member superblog Islami tersebut.
Benar saja, selang sepekan setelah mengirimkan penawaran langsung via email, Kang Asep kecipratan pesanan dari sebuah pabrik di Kerawang. Selanjutnya? Terserah dia.
Tentang situs iklanbaris
Website 'classified ads' atau di Indonesia lazim dikenal sebagai situs iklanbaris mulai menjamur setelah www.iklanbaris.co.id dan www.indonetwork.co.id berhasil meraup sukses mulai era tahun 2000an. Karena itu banyak webmaster gatal-gatal untuk menirunya.
Kini ada ratusan situs iklanbaris yang menjajakan konsep serupa yakni pasang iklan gratis (yang tentu saja dengan berbagai pembatasan) serta pasang iklan premium (bayar).
Bedanya situs iklanbaris 'senior' dengan 'junior (muda)' adalah di peringkat mesin pencari. Jika anda mengetikkan keyword satu produk konsumsi di Google, misalnya,, maka yang berada di halaman2 awal pencarian kebanyakan situs-situs iklanbaris junior.
Itu bisa dimaklumi karena satu iklanbaris junior punya saudara kembar di mana-mana. Bahkan ada yang beranak-pinak. Artinya, ada seorang Bapak yang punya 10 situs iklanbaris, anaknya pun tak mau kalah, bikin 10 situs iklanbaris. Semua situs keluarga itu akhirnya saling link.
Kombinasi traffic, update konten dan domain site yang banyak itu semua membantu mendongkrak posisi peringkat. Dibanding situs lain yang hanya mengandalkan satu atau dua mothersite semata.
Situs iklanbaris senior yang masih bertahan di mesin pencari saat ini a.l. IndoNetwork karena berafiliasi dengan Google. Banyak yang menyebutnya sebagai situs e-commerce, tapi kami melihatnya lebih pada situs 'classified ads' alias iklanbaris.
Jadi kalau sekadar untuk mendapatkan backlink di mesin pencari, menurut pengalaman kami, tak perlu pasang iklan banyak-banyak di situs iklanbaris junior tersebut. Cukup jadi member di IndoNetwork saja, ada gratis dan premiumnya juga.
Kenapa? Logikanya sederhana. untuk free service, situs iklanbaris junior (termasuk IklanBaris.co.id) membatasi tempo penyimpanan data iklan beberapa bulan saja, sementara di IndoNetwork untuk servis yang sama, data anda akan tersimpan 'selamanya' dan bisa Anda update kapan saja.
Kami sendiri menyarankan klien kami (seperti pemilik www.rajawalimandiri.com) untuk pasang di IndoNetwork karena ada fitur-fitur tertentu yang hanya boleh ditangani langsung oleh owner perusahaan tersebut seperti proposal penawaran jual dan beli.
Situs-situs iklanbaris muda mencoba mengandalkan backlink yang dihasilkan oleh situs pencari sebagai senjata untuk menarik pemasang iklan baru.
Dalam hal akal-akalan marketing, situs-situs iklanbaris muda agaknya lebih unggul, meskipun dalam kenyataan riil, mereka jelas kalah jauh dari situs iklanbaris senior seperti IndoNetwork, sementara situs senior lain seperti IklanBaris.co.id, menurut pengamatan kami saat ini, sedang keasyikan berpuas diri.
Situs-situs muda kalah dalam arti yang riil seperti kapitalisasi transaksi yang dihasilkan member serta magnitude bisnis yang ada (jumlah, asset, omset, dsb) dari anggotanya.
Kemenangan mereka satu-satunya 'mungkin' adalah update konten. Ini disebabkan karena, salah satu kegandrungan search engine adalah konten yang selalu update setiap hari. Jadi kalau situs Anda tidak update, jangan harap ratingnya bakal loncat ke halaman muka search engine.
Tapi pertanyaan mendasar adalah, kenapa Kang Asep yang sudah pasang iklan di banyak situs iklanbaris ternyata omset nya masih sepi-sepi saja?
Jawabnya, beriklan di website saat ini masih belum produktif. Apalagi dengan kultur pengguna internet di Indonesia dengan waktu browsing yang mereka pakai terbilang masih sangat sedikit.
Orang Indonesia pada dasarnya betah lama-lama mengurusi email! Inilah kunci yang sesungguhnya dan menjadi karakter utama market kita saat ini. Dan celah inilah yang akan kita masuki.
Apalagi, mereka yang paling banyak kutak-katik keyword di search engine hanyalah maniak-maniak internet seperti kami ini, bukan masyarakat awam pada umumnya.
Orang 'gila' seperti kami jumlahnya segelintir. Jadi kalau Anda terlalu mengandalkan mesin pencari hanya agar produk Anda bisa terbaca oleh 'orang-orang gila,' buat apa? Mubazir kan?
Hal itu penting kami ingatkan karena kegiatan SEO dan e-marketing saat ini cenderung bergantung berat pada search engine. Wajar kalau hasilnya tidak bisa diharapkan. Padahal, bayar tenaga SEO juga lumayan mahal.
Budaya email
Saat pertama kali uji coba PBiroKroler, kami mendapati banyak hal-hal yang mengejutkan. Sekadar info, PBiroKroler adalah semacam program pelacak email yang kami modifikasi dengan mengeksploitasi bugs pada browser-browser tua dan afkiran seperti IE6.
Fakta-fakta yang dilaporkan PBiroKroler itu a.l. adalah:

Ada 114.000.000 email reports pada mail server berekstensi co.id
Ada 6.090.000 email reports pada mail server net.id
Terdapat 26.600.000 email reports pada web.id
Hanya 3.280.000 reports pada mail server dotcom Indonesia (seperti: persbiro.com)
Terdapat 204.000 reports dalam mail server CBN
Ada 2.460.000 reports dalam mail server IndoNet
Hanya 293.000 laporan email pada Yahoo Indonesia
Dan semua laporan itu printed-out (dilaporkan) setelah PBiroKroler menjelajah dunia maya hanya kurang dari 1 menit rata-rata tiap direktif.
Kenapa bisa begitu? Padahal populasi Indonesia kan cuma 250 jutaan termasuk anak-anak, balita dan bayi-bayi yang baru lahir, yang mereka nggak mungkin pakai email.
Sederhana saja. panel pada hosting server saat ini, terutama yang berbasis Linux seperti Apache, sudah mendukung sistem 'catch all' untuk manajemen email.
Artinya, kalau satu perusahaan seperti www.hantublau.co.id menggunakan banyak email seperti sales@hantublau.co.id, marketing@hantublau.co.id, admin@hantublau.co.id, maka anda tidak perlu mengirimkan penawaran ke semua alamat email tersebut. Cukup ke salah satunya saja, karena semua email itu berakhir pada satu email account pribadi si pemilik.
Karena itu, sebelum menawarkan program Epromo, kami lebih dulu menyortir data email yang ada untuk meminimalisir tumpang tindih alamat, meskipun tidak 100% menjamin.
Karena, boleh jadi seseorang memakai beberapa email pada name server sendiri (sales@hantublau.co.id) tapi juga menggunakan email gratisan seperti Yahoo dan Gmail (jualhantu@yahoo.co.id), akun berbeda tapi orangnya ternyata sama.
Jadi kalau ada website yang punya 50 akun email, ya sah-sah saja, buat forward ke bagian-bagian tertentu dalam organisasi mereka. Tapi jangan kira majikan Anda alias owner (si pengusaha / administrator) tidak tahu email yang keluar masuk dari account Anda.
Karena owner adalah pemilik alias pengusaha, asumsi dasarnya adalah ybs adalah berdaya beli lebih tinggi alias potensial buyer atau calon customer potensial buat produk anda.
Dan hampir semua pengusaha yang kami temui, selalu memulai aktivitas internet mereka dengan membuka email. Boleh jadi karena email merupakan salah satu office tool paling handal saat ini mengalahkan mesin fax dan lain-lain.
Tentang Epromo
Data berasal dari email yang memang sudah di-published di internet. PBiroKroler tidak dirancang untuk men-spider email-email tersembunyi dan bersifat pribadi yang belum dipublikasikan oleh pemiliknya.
Pengiriman hanya berlaku satu kali, karena tidak ada orang yang sudi dikirimi penawaran yang sama dua kali. Bahkan tiap pemilik email bebas mensetting incoming mail apakah perlu diblokir, lempar ke spam atau di-trash pada fasilitas filter yang ada pada mailbox.
Format materi sebaiknya dalam bentuk teks penuh karena kebanyakan settingan saat ini termasuk Yahoo dan Google Mail menempatkan surat berformat HTML sebagai potential spam. Selain itu, penawaran produk dalam bentuk teks sangat efisien, cepat dan tidak menguras bandwith.
Untuk lebih menjelaskan produk anda (terutama yang bermuatan gambar-gambar) dianjurkan membuat halaman brosur di website Anda sendiri sehingga yang dimuat dalam email hanyalah link menuju halaman tersebut yang kalau dibuka lewat mailbox Yahoo, misalnya, akan men-trigger bukaan halaman baru, sehingga tidak mengganggu browsing utama.
Jika anda mengorderkan Epromo kepada Persbiro, akan dibuatkan akun mailbox yang identik dengan entitas produk atau perusahaan Anda. Mailbox ini bisa Anda buka setelah program selesai dijalankan. Di dalamnya bukti pengiriman email bisa dilihat pada link 'sent email.'
Format report kepada klien di atas merupakan alasan utama kami untuk tidak menggunakan Bomber Mailer untuk menjalankan Epromo, karena laporan email terkirim pada Bomber Mailer tidak bisa dalam bentuk format printer.
Klien tidak akan bisa membacanya karena report langsung hilang setelah tampilan laman web berubah. Dan kalau kami copy-paste, kesannya boleh jadi terlalu mengada-ada.
Sejumlah penerima email cenderung me-reply kepada email asal, bukan email link yang tertera dalam isi surat Karena itu, mailbox tersebut kami serahkan kepada klien untuk memudahkan mereka menindaklanjuti respon yang masuk.
Secara teoritis untuk program random promotion, respon minimal adalah 2%. Artinya, jika Anda mengirimkan penawaran ke 1.000 alamat email, maka respon minimal yang akan anda peroleh adalah 20 pemilik email. Tinggal cara anda menindaklanjuti respon tersebut.
Dalam beberapa kasus, persentase itu justru bisa jauh lebih tinggi, tergantung tingkat daya tarik yang ada pada produk Anda, minat dari calon customer, cara Anda menyakinkan calon buyer, dan sebagainya.
Persentase tertinggi biasanya dicapai oleh produk-produk yang menargetkan pasar secara general seperti produk seluler, misalnya, karena hampir semua pemakai email adalah pemakai HP.
Tingkat respon produk seperti ini adakalanya mencapai 30% alias hampir sepertiga dari jumlah email terkirim. Untuk produk yang lebih generik seperti sembako, misalnya, respon bisa mencapai di atas 50%.
Persentase terendah (2%) adalah untuk produk yang membidik pasar dengan ceruk khusus (segmented) seperti elevator, barang antik, lemari besi tahan api, dengan karakter produk a.l. harganya selangit, peminatnya pun sangat sedikit.
Tetapi pada prinsipnya, semuanya terpulang kepada produk itu sendiri. Promosi via email hanyalah satu dari sekian banyak cara marketing yang ada.

Pemesanan email
Berapa batas pemesanan jumlah email pada Epromo Persbiro?
Seperti Anda baca di atas, jika ditotal, jumlah email yang berseliweran di Indonesia ini yang dilaporkan oleh Kroler kami mencapai angka di atas 1 miliar! Terserah anda dari jumlah itu mau pesan berapa. Semakin banyak Anda pesan, omset kami tentunya akan semakin tinggi.
Tapi untuk moderatnya, kami sarankan uji coba dulu order 500 hingga 1.000 email, kemudian lihat hasilnya. Kalau menurut Anda, cara ini punya prospek bagus, silakan pesan jumlah yang lebih besar lagi.
Apalagi, menyortir email bukanlah pekerjaan yang gampang dan menyenangkan bagi kami.
Pemilihan jenis Epromo
1. Self Mail
Anda ingin mengirimkan penawaran sendiri dan hanya butuh data email saja. Sebagai starter pack, anda tidak perlu repot membayar Rp100 per email seperti daftar harga yang tertera di halaman depan http://www.persbiro.com Anda kami sarankan jadi member SurauNet dengan iuran hanya Rp120 ribu, anda bisa mendownload daftar yang berisikan lebih kurang 5.000 alamat email di http://www.surau.net Artinya, anda menghemat Rp500 rb – Rp120 rb = Rp380 ribu rupiah.
Dan jika kemudian jumlah itu dirasa masih kurang, and if you want more, baru Anda pesan lagi ke kami daftar baru yang lebih update dengan harga normal Rp100 per email address.
2. General
Untuk produk-produk yang sifatnya generik alias bisa dipakai atau dikonsumsi siapa saja, kami sarankan menggunakan paket General, karena Anda tidak tahu pasti calon pembeli Anda berasal dari kelompok usia berapa atau pekerjaannya apa. Mereka bisa siapa saja. Dari remaja sampai ke orang tua. Dari friendster sampai ke fesbuker. Hanya Rp200,- per email.
3. Random
Paket ini agak lebih spesifik yakni membidik mereka yang berkantong tebal alias kelas menengah ke atas. Atau, kelas profesional secara umum, bidang apa saja, tua maupun muda asalkan berpotensi membeli produk anda semisal, kendaraan, rumah, komputer dsb. Only Rp500,- / email
4. Segment
Paket ini sangat spesifik, selain berdaya beli tinggi, mereka juga harus masuk dalam kelompok target pasar yang dibidik. Contoh, jika anda pedagang elevator, maka bidikan Anda adalah; pengelola gedung, kontraktor bangunan, arsitek, perusahaan developer, pimpinan proyek dan sejenisnya. Rp1.000,- per email.
 
http://www.persbiro.com/paket_epromo.html
 
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
-------------Petunjuk berJUALAN-----------------
bergabung : jualan-subscribe@yahoogroups.com
posting   : jualan@yahoogroups.com
berhenti  : jualan-unsubscribe@yahoogroups.com
arsip     : http://groups.yahoo.com/group/jualan/messages
------------------------------------------------
Sopan-santun adalah kunci mendapatkan PELANGGAN.
Kejujuran adalah kunci sukses anda berJUALAN.
!!DILARANG MENGIRIMKAN POSTING ARISAN BERANTAI (SEMISAL AKSARANET DLL.)!!
------------------------------------------------
Pelanggaran terhadap ketentuan akan mendapat sanksi dikeluarkan dari anggota milis !!!

Kunjungi situs para Pemberani
*************************************************************
SITUS FAVORITE KU
*************************************************************
Ingin bisnis,usaha atau iklan anda LARIS MANIS ?
pasang aja di iklan baris GRATIS www.larismanis.biz
dikunjungi oleh ribuan neter dari nusantara & mancanegara
*************************************************************
Ingin punya Toko Online yang Mudah - Murah & Menguntungkan ?
klik aja www.pemberani.web.id
*************************************************************
WWW.PULSABEBAS.COM solusi tepat untuk berbinis pulsa
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar